Home » , , , , » Gempa Sorong kategori gempa merusak

Gempa Sorong kategori gempa merusak


Gempa Sorong kategori gempa merusak. Gempa berskala 6,8 pada skala Richter di Sorong, Papua Barat, terhitung cukup besar dan merusak.

"Besar intensitasnya sekitar V atau VI sehingga bisa dikategorikan sebagai gempa merusak,” kata pakar gempa dari kelompok peneliti Geodesi ITB, Irwan Meilano, Jumat, 25 September 2015.

Irwan mengatakan lokasi gempa terbaru di Sorong sangat dekat dengan sesar Pulau Yapen-Sorong. Namun, melihat mekanisme gempanya, ada kemungkinan bahwa asal gempa bukan dari sesar tersebut. “Kemungkinan dari sesar Manokwari, sumber yang sama dengan gempa Januari 2009,” katanya.


Gempa tersebut akibat pergerakan dua lempeng. “Yang bertemu yaitu lempeng Laut Filipina dengan blok kepala burung Papua,” kata Irwan.

BMKG mencatat, pada Kamis, 24 September 2015, pukul 22.53 WIB, terjadi gempa dari kedalaman 10 meter di laut yang berjarak 31 kilometer arah timur laut Kota Sorong, Papua Barat. Berkekuatan magnitudo 6,8, intensitas gempa terkuat dengan skala IV-V terasa di Sorong atau terendah di Manokwari, yang berada di timur Sorong dengan instensitas gempa II-III.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sorong dan BPBD Raja Ampat mencatat gempa bumi selama 15 detik di Kota Sorong itu menyebabkan 17 orang luka berat, 45 orang luka ringan, dan 200 rumah rusak.

0 comments:

Post a Comment